Sabtu, 05 November 2011

VOCALOID : Hatsune Miku



Yak hari ini saya akan membahas seputar VOCALOID. Dan yang akan saya bahas kali ini adalah karakter vocaloid yang paling dikenal. Hatsune Miku.


Hatsune Miku (初音ミク) adalah produk ke dua dari Vocaloid2 yang dirilis pada tanggal 31 Agustus 2007. Dia adalah karakter yang paling populer dan dikenal dan yang pertama menjadi idola pop. Nama judul dan karakter dari software ini dipilih dengan kombinasi dari kata Hatsu (初, pertama), Ne (音, suara) dan Miku (未来, masa depan) yang berarti 'suara pertama dari masa depan'. Data untuk suara dibuat dari sampling suara Fujita Saki (藤田 咲)  suara aktris Jepang.
 Hatsune Miku memiliki daya tarik suara yang sangat tinggi sehingga dapat digunakan untuk berbagai lagu. Dibandingkan dengan pendahulunya, Meiko suaranya memungkinkan untuk manipulasi suara. Tetapi sayangnya Hatsune Miku tidak bisa membawakan vocal berbahasa Inggris dengan baik. Inilah alasannya mengapa saat hatsune Miku menyanyikan sebuah lagu berbahasa Inggris yang muncul justru logat Jepangnya yang sangat menonjol. Dan bagi pengguna software ini mungkin memerlukan banyak waktu untuk 1 lagu berbahasa Inggris yang akan dinyanyikan software ini nantinya.


 Hatsune Miku APPEND - The future of Hatsune Miku :

  

 Project Diva APPEND


Pada tanggal 30 April 2010 lalu, Miku Append (初音ミク・アペンド) telah dirilis. Miku Append ini sangatlah berbeda dengan Hatsune Miku yang kita ketahui selama ini. Kali ini, walau pengisi suaranya sama yaitu Fujita Saki tetapi, kekuatan dalam suara ini berbeda yakni : Soft, Sweet, Dark, Vivid, Solid, Light.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar